Memuat halaman...

Hello World. This blog is only for entertainment and my hobby only. enjoy it!



CREATED BY : Arif Jayarana

Daftar Blog Saya

AriEf
Apasih Gejala-gejala Breast Cancer (Kanker Payudara) dan Faktor Penyebabnya?

Berbicara tentang Breast Cancer, dari data WHO, setiap tahunnya jumlah penderita kanker ini bertambah sekitar 7 juta orang. Sementara di Indonesia penyakit ini menduduki peringkat kedua penyebab kematian pada perempuan setelah kanker Leher Rahim.

Pada tahap awal penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit pada penderitanya. Bahkan gejalanya sama sekali nggak kelihatan. Barulah ketika tumor itu sudah membesar, kita menemukan gejala-gejalanya, yaitu:
1. Muunculnya benjolan yang tidak hilang atau permanen. Biasanya tidak sakit dan terasa keras bila disetuh, seperti bakso atau kentang yang berada dalam kulkas.
2. Perubahan ukuran atau bentuk Payudara.
3. Kerutan pada kulit Payudara.
4. Keluarnya cairan dari Payudara, umumnya berupa darah.
5. Pembengkakan atau dadanya tarikan pada putting susu.

Maka itu, kalau kita menemukan benjolan di sekitar payudara, sebaiknya jangan menganggap remeh. Meski tidak semua benjolan di payudara berarti kanker, tetapi tidak ada salah nya kita melakukan antisipasi atau pemeriksaan untuk memastikannya.

Dapat dikatakan bahwa factor etiologi atau factor penyebab kanker payudara sampai saat ini belum diketahui pasti. Namun penyebab itu sangat mungkin Multifaktorial yang saling mempengaruhi satu sama lain, yaitu: factor genetika, pengaruh hormone, Virogen (factor virus), pola makan (terutama makanan yang banyak mengandung lemak) dan pengaruh radiasi di daerah dada.
0 Responses

Posting Komentar