Memuat halaman...

Hello World. This blog is only for entertainment and my hobby only. enjoy it!



CREATED BY : Arif Jayarana

Daftar Blog Saya

AriEf


Masyarakat indonesia telah beratus-ratus tahun mengenal pertanian. Mereka selalu menjaga agar kegiatan bertani tidak merusak alam. Kita lihat yuk, Cara Bertani beberapa masyarakat indonesia.
1. Masyarakat Dayak, di Kalimantan bertanam padi di huma dengan membuka sebagian kecil lahan hutn. Setelah beberapa kali menggunakan lahan itu, mereka pindah dan membiarkan bekas huma itu menjadi hutan kembali. Beberapa puluh tahun kemudian mereka akan menggunakan lahan yang telah menjadi hutan itu sebagai huma lagi. Dengan cara bertani “gilir balik” ini, mereka dapat bertani sekaligus menjaga kelestarian hutan.
2. Masyarakat Haruku di Maluku membuka tambak pada musim tertentu agar ikan dari laut menetap didalam tambak. Setelah ikan menjadi dewasa, tambak itu barulah di panen.
3. Manyarakat Kesepuhan di Jawa Barat memiliki kebun yang disebut dengan talun. Talun ditanami berbagai jenis tumbuhan seperti aren, pinang, bambu, durian, rambutan, pisang, tumbuhan obat dan rempah (misalnya, jahe, kencur dan cengkeh). Hasil talun digunakan untuk kebutuhan mereka.
4. Para Petani di Pulau Jawa, lebih banyak menanam padi di sawah dengan sistem irigasi. Dengan sistem ini mereka dapat menanam padi sepanjang tahun tanpa mengandalkan musim hujan. Untuk membajak sawah ada yang masih menggunakan kerbau, namun ada pula yang telah menggunakan traktor.
5. Di Sumatera dan Sulawesi banyak sekali perkebunan yang di tanami satu jenis tanaman, misalnya perkebunan kelapa sawit, karet, cokelat, kopi dan lada.
1 Response
  1. dealer pulsa Says:

    sebenarnya bertani juga sama menyennangkan dengan pekerjaan lainnya, walaupun bertani mulai dihindari anak muda sekarang


Posting Komentar