Memuat halaman...

Hello World. This blog is only for entertainment and my hobby only. enjoy it!



CREATED BY : Arif Jayarana

Daftar Blog Saya

AriEf


Masyarakat Kakorotan adalah pecinta laut. Mereka mendiami pulau Kakorotan di kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, sejak berabad-abad yang lalu. Kebutuhan hidup mereka banyak diperoleh dari hasil laut. Mereka memiliki tradisi yang sangat arif dalam memanfaatkan kekayaan lautnya. Tradisi itu mereka sebut dengan EHA-MANE’E.

Selama enam bulan setiap tahunnya, masyarakat Kakorotan dilarang menangkap hewan laut disuatu tempat. Larangan ini disebut dengan EHA. Dengan begitu mereka member kesemparan hewan laut untuk berkembang biak. Setelah enam bulan lamanya, larangan tersebut dihentikan. Masyarakat Kakorotan kembali diperbolehkan menangkap hewan laut. Dibukanya kembali tempat larangan ini diawali dengan upacara adat yang disebut MANE’E yang berlaku selama enam bulan.

Tidak hanya masyarakat Kakorotan, masyarakat Maluku pun memliki tradisi yang arif dalam memanfaatkan laut. Masyarakat Maluku memiliki tradisi yang disebut Sasi Laut (Sasi Labuan). Tradisi Sasi Laut ini, melarang menangkap satu jenis hewan atau tanaman untuk selama waktu tertentu, misalnya sasi untuk ikan lompa (di Haruku), kelapa, bialola (sejenis karang laut), dan teripang (di Kepulauan Kei). Tentu saja setelah masa larangan berakhir, masyarakat Maluku dapat menangkap lagi jenis-jenis ikan yang dilarang tersebut.
0 Responses

Posting Komentar