Memuat halaman...

Hello World. This blog is only for entertainment and my hobby only. enjoy it!



CREATED BY : Arif Jayarana

Daftar Blog Saya

AriEf


Banyak masyarakat Indonesia yang hidup di sekitar atau di dalam hutan. Mereka memanfaatkan hasil hutan dengan bijaksana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, walaupun sudah ratusan tahun memanfaatkan hasil hutan, hutan mereka tetap lestari.

Mereka hanya menggunakan hutan sesuai kebutuhan saja. Mereka pun tidak sembarangan memilih hutan yang ingin dijadikan tempat bercocok tanam. Pada saat mempersiapkan lahan, bertani maupun saat memanen mereka selalu mengawali dengan berbagai upacara adat. Selain itu, agar hutan tetap lestari mereka pun menetapkan beberapa kawasan hutan sebagai hutan larangan yang tidak boleh diganggu.

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, mereka berburu hewan di hutan. Menurut aturan adat mereka, tidak semua hewan boleh diburu. Perburuan hanya boleh dilakukan di kawasan hutan tertentu. Peralatan berburu yang digunakan sangat sederhana seperti sumpit, panah, dan tombak.

Mereka juga memanfaatkan buah, akar pohon, rotan, tumbuhan hutan, madu dan sebagainya. Bahan-bahan itu digunakan untuk membangun rumah, membuat perkakas, membuat perhiasan dan berbagai kebutuhan mereka yang diperoleh dari hutan pula.

Bagi mereka, hutan bukan hanya tempat mencari makanan, tetapi juga merupakan kehidupan mereka. Hutan digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya upacara keagamaan, tempat berlindung, bermain music dan sebagainya.
1 Response
  1. arif prakarana Says:

    mungkin masyarakat butuh penayaan yg lebihh. . .
    Oleh karena itu kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga mewujutkan dan melestarikanya. .. .


Posting Komentar