Memuat halaman...

Hello World. This blog is only for entertainment and my hobby only. enjoy it!



CREATED BY : Arif Jayarana

Daftar Blog Saya

AriEf


Terumbu karang adalah suatu tempat yang sangat indah yang menempel pada bebatuan dilaut. Disana hidup berbagai jenis tumbuhan serta hewan laut lainnya, karna terumbu karang merupakan salah satu rumah bagi hewan-hewan laut yang berada disana.

Orang sering menyangka bahwa terumbu karang adalah tmpukan batu-batu karang, akan tetapi terumbu karang sesungguhnya batu karang yang sebagai salah satu makhluk hidup lainnya.

Batu karang itu bukan sembarang batu, dia adalah bagian dari karang. Karang ialah makhluk hidup yang tubuhnya hamper mirip dengan bunga yang disebut sebagai polip karang. Meskipun seperti bunga, polip karang bukanlah tumbuhan, melainkan hewan laut. Ia memiliki “tangan-tangan” yang disebut dengan Tentakel.



Polip karang hidup bergerombol bersama saudara-saudaranya dan membuat kerangka. Kerangka ialah suatu bagian dari makhlik hidup seperti halnya tulang pada tubuh manusia!
Kerangka ini terbuat dari kapur yang melindungi tubuh mereka, sehingga dari luar terlihat seperti batu.

Polip karang melindungi tubuhnya dengan kerangka kapur dikarenakan agar dia terhindar dari laut yang dingin saat dimalam hari, terhindar dari ombak laut yang kencang, serta terhindar dari gigitan ikan-ikan yang hendak memakannya. Polip karang masih bersaudara dengan ubur-ubur. Jika ubur-ubur dapat berenang di laut, maka polip karang tidak. Polip karang hanya diam saja di dasar laut.
0 Responses

Posting Komentar